“Kapsul Sampah” Model Penyimpanan Sampah Jangka Panjang


Penanganan sampah tradisional sering kali membawa banyak masalah berupa polusi tanah, air, dan udara; kerugian sumber daya penting yang terus menerus; standar kehidupan yang buruk dan penurunan nilai-nilai properti yang dekat lokasi sampah; dan peningkatan biaya karena pertumbuhan volume sampah. Berbagai upaya dilakukan di seluruh dunia untuk menangani masalah sampah ini. Industri daur ulang pun dikembangkan. Namun hasilnya belum memuaskan.
Kini ada sebuah terobosan baru dalam teknologi penyimpanan sampah yakni kapsul sampah atau dikenal sebagai balbal sampah. Pengemasan sampah ini konon memberikan nilai efisiensi dan keamanan yang lebih baik. Teknologi ini memungkinkan sampah bisa disimpan dalam waktu yang lama, bisa tahunan tanpa menganggu lingkungan di sekitarnya. Lebih dari itu jenis penanganan sampah ini memperbaiki lingkungan sekitar dan lebih bisa diterima oleh penduduk sekitar.
Dengan teknologi ini sampah bisa disimpan sampai ada pembakar sampah (insinerator), pabrik kompos, atau sanitary landfill yang berteknologi dibangun. Bila instalasi pengelohan sampah sudah siap, kapsul sampah tersebut tinggal diproses dengan mudah sekaligus mengoptimalkan pengolahan akhir. Selain itu kapsul sampah itu bisa disuplai sepanjang hanya membutuhkan tempat penyimpanan yang murah.

 


Proses Pengemasan
Sampah-sampah rumah tangga dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam kantung plastik film berbentuk kapsul/bulat dan kedap udara. Bahan pembungkus ini dibuat dari jenis plastik polythene bekas klorin sehingga dapat didaur ulang dan bisa dibakar dalam insinerator. Setelah itu sampah dipres dengan tekanan tertentu sehingga bisa menghilangkan kantong-kantong udara di dalam kemasan tersebut yang memungkinkan proses biologis  aerob maupun anaero bterhenti. Dengan demikian tidak terjadi risiko pembakaran spontan dan pembentukan gas. Proses pengemasan
ini berlangsung hanya 3-4 menit. Kemasan itu tinggal disimpan di tempat terbuka atau tertutup dan bisa ditumpuk. Bila pengolahan siap, kapsul tinggal dibuka dengan cara yang mudah. 􀂄 MJ

0 komentar:

Posting Komentar